Minggu, 03 Maret 2013

Awas! Diet Ekstrim Dapat Menyebabkan Amenore (Terhentinya Siklus Menstruasi)

Image by Google
Memiliki tubuh langsing adalah adalah idaman bagi sebagian wanita. Mereka menganggap bahwa indikator kecantikan adalah memiliki tubuh langsing. Akibatnya, banyak orang rela melakukan diet ketat, bahkan menjurus ke ekstrim demi untuk mendapatkan tubuh yang langsing.Apalagi di sekitar kita banyak beredar tips dan juga obat-obat pelangsing yang konon bisa menurunkan berat badan dalam hitungan hari. Namun tahukah anda, jika diet yang ekstrim bisa menimbulkan masalah kesehatan?
 
Diet yang ekstrim dapat menyebabkan seorang wanita mengalami amenore. Lebih tepatnya, amenore sekunder. Amenore (amenorrhea) adalah terhentinya siklus menstruasi (haid). Amenore sendiri terdiri atas amenore primer dan amenore sekunder.

Amenore primer adalah terhentinya siklus menstruasi saat seorang wanita mencapai usia 16 tahun, atau yang bersangkutan tidak pernah mendapatkan haid sama sekali. Sedang, amenore sekunder adalah terhentinya siklus haid pada seorang wanita yang sebelumnya mempunyai siklus normal namun terhenti selama 3-6 bulan atau lebih.

Mengapa diet ekstrim dapat menyebabkan amenore sekunder?
Diet yang ketat bahkan ekstrim, mengakibatkan tubuh tidak mendapatkan cukup nutrisi yang dibutuhkan. Lalu tubuh memberikan alarm bahwa ada hal yang tidak beres. Alarm itu antaranya berupa terhentinya menstruasi yang disebut amenore sekunder.

Amenore sekunder sebagai akibat dari diet yang ekstrim dapat menimbulkan dampak buruk pada kesehatan. Dampak itu antara lain adalah ketidakseimbangan elektrolit serta terganggunya system reproduksi. Selain itu amenore juga dapat menurunkan tingkat kepadatan tulang. Hal ini tak lain karena wanita yang mengalami amenore akan mempunyai tingkat hormone estrogen yang rendah karena ovarium (indung telur) tidak berfungsi dengan baik. Dan hormone estrogen sangat berperan dalam mempertahankan kepadatan tulang.

So, masihkah diet ekstrim diperlukan jika malah menimbulkan masalah pada kesehatan? Memilih diet yang aman dan sehat adalah pilihan bijak.

(Dari beberapa sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar