Rabu, 27 November 2013

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Pisang…, siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini? Pisang adalah buah yang banyak ditemukan di Asia Tenggara (termasuk Indonesia), Afrika (Madagaskar), Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Buah pisang kaya akan kandungan gizi sehingga berkhasiat untuk kesehatan kita. (Tentu saja, yang dimaksud di sini adalah pisang yang biasa dimakan, bukan pisang hias). Buah ini bukanlah buah musiman, sehingga selalu ada di sepanjang tahun. 

by Google


Di dalam pisang terdapat kandungan kalsium, kalium, lemak, karbohidrat, protein, serat, zat besi, fosfor, asam folat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan zat lainnya. Oleh karena itu, mengkonsumsi pisang sangat bagus untuk kesehatan.

Berikut manfaat pisang bagi kesehatan:

  • Membantu pertumbuhan janin dalam kandungan, karena kandungan asam folat dalam pisang  
  • memperbaiki system syaraf   
  • menetralisir asam lambung    
  • mengurangi nyeri haid. Vitamin B6 pada pisang membantu dalam mengatur kadar glukosa darah, sehingga membantu dalam menyeimbangkan mood dan karenanya mengurangi nyeri haid.   
  • mengurangi stress dan depresi. Di dalam pisang terkandung protein tryptophan yang akan diubah menjadi serotonin. Nah, serotonin inilah yang bisa menstabilkan mood dan menjadikan kita lebih rileks.  
  • membantu meningkatkan produksi hemoglobin, sehingga baik unuk penderita anemia   
  • mengatasi mabuk kendaraan     
  • membantu perokok yang ingin berhenti, karena kandungan vitamin B6, B12, kalium dan magnesium dapat membantu memulihkan tubuh dari efek ketergantungan nikotin    
  • mengatasi sembelit dan susah buang air besar    
  • meningkatkan kekuatan otak   
  •  meningkatkan system imun    
  • membantu mengurangi resiko penyakit batu ginjal     
  • mencegah tulang lemas
  • mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan stroke, karena kandungan kalium di dalammya. 
Menurut Journal of American College of Cardiology, konsumsi 1600 mg kalium setiap hari dapat mengurangi risiko stroke lebih dari 20%. Disarankan untuk mengkonsumsi kalium adalah 3500 mg / hari.   

Sedangkan para ahli dari Universitas Warwick dan Universitas Naples  menyarankan mengkonsumsi 3 pisang per hari untuk mencegah stroke. Karena 3 pisang per hari akan memberikan cukup kalium untuk mengurangi gumpalan otak kemungkinan sekitar 21%. 

Sebelumnya artikel ini telah dipublish dalam versi bahasa Inggris di: http://healthmad.com/nutrition/the-benefits-of-banana-for-health/
Comments
1 Comments

1 komentar: