Sabtu, 13 Juli 2013

Cara Verifikasi Payza Tanpa Kartu Kredit

Payza (dulu Alertpay) adalah semacam rekening bank international yang digunakan untuk bertransaksi online. Sebagai salah satu payment processor (alat pembayaran) yang banyak digunakan para netter di seluruh dunia, Payza termasuk yang aman karena memang proses verifikasinya tidak mudah. 

Semakin susah verifikasinya, semakin aman sebuah payment processor. Setidaknya itu hikmah yang bisa kita ambil dari kasus Liberty Reserve (LR) yang ditutup oleh pihak berwenang karena dianggap terlibat kejahatan, akibatnya banyak netter yang kehilangan uangnya di LR.

Ada banyak keuntungan dengan melakukan verifikasi Payza, antara lain: tidak ada batasan jumlah dalam transaksi, dan kita dapat menarik uang kita ke bank lokal. Banyak orang yang kesulitan memverifikasi akun Payza mereka karena  tidak mempunyai kartu kredit. Sementara banyak situs bisnis online yang mensyaratkan verified Payza.

Berikut ini saya akan sharing cara manual verifikasi Payza tanpa kartu kredit. Dan cara ini berhasil saya lakukan beberapa waktu lalu. Saya menggunakan scan KTP, SIM, halaman depan buku tabungan (saya gunakan buku tabungan SIMPEDES), dan STNK (lengkap dengan Surat Ketetapan Pajak Daerah, bawaan STNK). 

Berikut cara verifikasi Payza tanpa Kartu Kredit:

  • Pada halaman Select a department, klik my account support, lalu klik Next   
  • Pada halaman your ticket details, isi: nama, alamat email payza anda, subject (judul ticket), dan message (isi pesan). 

Misal untuk subject bisa diisi “Please verify my account”.

Untuk message, bisa diisi seperti ini (contoh):

Dear Support Payza,


I have problem to verify my Payza account because I do not have credit card. Please verify my account.  Herewith I attached my ID card, driving license, banks statement, letter of vehicle number sign and Local Tax Assessment Letters. I hope the documents are useful for verifying my account. Thank you.


Regards,
Dwisuka
  • Lalu klik Add File untuk melampirkan scan KTP, SIM, halaman pertama buku tabungan (yang memuat identitas anda), STNK (termasuk Surat Ketetapan Pajak Daerah, ada di belakang STNK). Pastikan nama dan alamat di dokumen-dokument tersebut sama dengan nama dan alamat anda di akun Payza.
  • Isi capcha. Klik Submit.

  • Tunggu balasan dari Payza.
  • Jika dokumen-dokumen anda diterima maka anda akan mendapat email seperti ini (contoh): 
 Hello Ms. Dwisuka,

Thank you for contacting Payza.

This email is to let you know that your documents have been received and approved.

We are happy to confirm that your Starter Payza account has now been verified. Congratulations!

We appreciate your co-operation during the verification process.

The Payza Team
Payza.com


  • Ini artinya, account sudah terverifikasi.
  • Selesai.
NB: Sebelum melakukan verifikasi manual, pastikan dulu nama pada akun Payza anda sama dengan nama pada KTP, rekening bank, STNK, SIM. Jika belum sesuai, maka sesuaikan atau ubah dulu identitas di Payza anda agar sesuai dengan dokumen-dokumen tersebut. Cara merubah nama pada akun Payza ada di sini.

Comments
20 Comments

20 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. harus nunggu berapa hari gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu itu sy kirim tiket tgl 23 Juni, dpt email verifikasi tgl 6 Juli. pas sy cek, payza sy dah terverifikasi.... Yang paling penting, adalah pastikan nama di akun Payza sama dengan nama di dokumen2 yang kita kirim...

      Hapus
  3. gan kalau kita belum punya rekening bank. apakah bisa verifikasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya gak tahu pasti bisa tidaknya.... namun yang jelas, rekening bank dan dokumen2 yang saya sebut di atas bisa digunakan untuk verifikasi manual akun payza manakala kita tidak punya kartu kredit.

      Selain itu, rekening bank itu sangat perlu. Jika kita punya akun payment processor spt payza, maka rekening bank menjadi perlu untuk menarik dana kita dari payza ke rekening bank lokal kita ataupun untuk mengisi saldo payza.

      Hapus
  4. gan kalau belum di veryfikasi bisa buat bayaran gak.....?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengar2 sih bisa namun ada batasannya.... namun saya tidak tahu kebenarannya karena saat payza sy msh unverified, tidak pernah saya gunakan. saya sendiri baru menggunakannya untuk menerima pembayaran setelah berhasil melakukan verifikasi.

      Hapus
  5. boleh minta cp [no HP] agan? pengen diskusi via sms gan. . .

    BalasHapus
  6. kalo pake tabunganku bisa gak?????? gan..... cara verifikasi payza ama paypal mudah yg mana ya.,,,,,, http://rumahmoon-1991.blogspot.com makasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa, dicoba saja... verifikasi paypal lebih sulit daripada payza. Verifikasi paypal harus dg kartu kredit. Untuk verifikasi payza, selain dg kartu kredit, masih bisa dimungkinkan dg cara manual seperti postingan di atas.

      Hapus
  7. kalo belum punya sim sama stnk gimana ya kak? pake ktp sama buku tabungan aja bisa ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klu dlu bs, entah klu sekarang... kyknya yg jd pertimbangan payza adl adanya kesesuaian nama dan alamat dlm dokumen2 yg dilampirkan. utk jaga2 akan lebih baik jk kita sertakan dokumen lain. klu gak ada STNK, bs pk pasport. bisa tambahkan rekening telp juga kok (tp nama dan alamat sesuai lho). bisa juga nota pembelian barang yg mencantumkan nama n alamat lengkap kita, seorang teman dari sebuah group pernah memakai nota pembelian barang sebagai dokumen tambahan.

      Hapus
    2. gan, jadi kalo verifikasi kita gk langsung berhasil kan ada email tuh, trus cara memperbaikinya, kita reply email dari payza tersebut ??? mkasih

      Hapus
    3. maksudnya dpt email dr payza tentang dokumen yg blm bs diterima?... klu spt itu, langsung aja bls dan dilengkapi dokumennya..

      Hapus
  8. gan, klo blum verified apa bisa untuk menerima pembayaran, semisal dari PTC gitu?

    BalasHapus
  9. gan,,, klau mau deposit payza lwt bank wire fee'ny gde y....???

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus terang sy blm pernah deposit payza via bank wire. slm ini sy deposit payza dari pembayaran Biz ol yg satu ke biz ol yg lain... :)

      Namun dengar2, jk deposit payza dg bank wire, ada fee utk payza dan ada fee utk bank lokal. Klu gak salah juga, fee utk payza $20 utk deposit minimal $40

      Hapus
  10. Untuk verifikasi payza sekarang sudah bisa melalui dashboard akun payza mbak jad8i lebi8h mudah, saat ini payza sering melakukan upgrade tampilan dan fitur mbak jadi tutorial tentang payza juga perlu update.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus