Rabu, 13 Februari 2013

Antara Sakit Kepala dan Secangkir Kopi

capuccino
Apakah anda sering mengalami pusing (sakit kepala) dan merasa lesu? Namun rasa sakit itu tiba-tiba menjadi hilang manakala anda meminum kopi?...  Hal seperti ini perlu dicurigai, siapa tahu anda menderita Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)

Tekanan darah rendah (hipotensi) adalah suatu keadaan di mana darah yang dipompa ke dalam arteri-arteri lebih sedikit, sehingga tidak cukup mensuplai oksigen dan nutrisi (makanan) yang cukup ke organ-organ tubuh.

Penderita biasanya mengalami gejala-gejala : sering pusing, kepala terasa ringan melayang, lesu, pucat, pandangan kabur, mual, saat pindah posisi tubuh dari duduk ke berdiri mata terasa berkunang-kunang, pingsan.

Pada ummnya seseorang dikatakan memiliki tekanan darah normal manakala pemeriksaan menunjuk ke angka 120/80.Artinya, tekanan darah sistolik, yaitu tekanan ketika jantung berkontraksi dan memompa jantung ada pada angka 120, sedangkan tekanan diastolik yaitu tekanan di arteri-arteri ketika otot jantung mengendur (rileks) setelah berkontraksi menunjuk angka 80…. Namun angka tersebut tidaklah sama untuk tiap-tiap orang. Ada seseorang dengan tekanan darah 90/60 justru tidak merasakan gejala tekanan darah rendah, sementara ada seseorang pada angka tersebut sudah sangat menderita.
Meskipun sering tidak seragam, namun gejalanya tetap sama, dan penangannya pun sama.

Tips bagi penderita hipotensi:
  • Perbanyak minum air putih. Hal ini karena pada hipotensi, volume darah yang dipompa lebih sedikit, sementara penderitanya (biasanya) sering mengalami buang air kecil, sehingga dengan meminum banyak air putih kondisi dehidrasi bisa diatasi, karena dehidrasi merupakan ssalah satu penyebab tekanan darah menjadi rendah.
  • Pada saat mengubah posisi tubuh, misal dari berbaring ke duduk atau dari posisi duduk ke berdiri, dilakukan dengan pelan-pelan, jangan langsung.
  • Konsumsi makanan bergizi. Minum susu. Untuk sayuran, bisa pilih daun singkong atau daun pepaya.
  • Sesekali minum kopi hangat.

Lalu kenapa kopi bisa menghilangkan pusing, atau tepatnya meringankan rasa sakit bagi penderita hipotensi?
Jawabnya, karena kopi mengandung kafein yang fungsinya untuk mempersempit pembuluh darah. Sedang pada penderita hipotensi, pembuluh darahnya menjadi lebih besar dan lebih lentur. Berbeda sekali dengan penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) yang pembuluh darahnya menyempit dan menjadi kaku…. Selain itu, kopi juga mampu memacu jantung untuk memompa lebih banyak darah.

Meskipun kopi dapat meringankan penderita hipotensi (darah rendah), namun ada baiknya jangan berlebihan, karena bisa meningkatkan asam lambung.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar