Kamis, 14 Juli 2022

Manfaat Tak Terbatas Internetnya Indonesia Bagi Penyandang Disabilitas

Di jaman yang serba digital, tak bisa dipungkiri internet memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk penyandang disabilitas.

Manfaat Internet tidak hanya terbatas pada media sosial. Internet tak hanya sebatas untuk masalah pembayaran tagihan maupun untuk urusan pekerjaan kantor, namun juga bermanfaat dalam bidang lainnya, seperti kesehatan, pendidikan, jual beli, advokasi, hiburan, dan sebagainya. Karena dengan internet, banyak hal menjadi lebih mudah, lebih irit, dan lebih efisien.

Bagi penyandang disabilitas seperti saya, Manfaat Internet sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dikatakan sejak pagi bangun tidur hingga malam sebelum tidur, saya tak bisa lepas dari pengaruh internet. Internet sangat membantu urusan saya, apalagi saya memiliki hambatan mobilitas. Internet memudahkan saya untuk berbelanja berbagai kebutuhan dari ujung kepala sampai ujung kaki. Kondisi disabilitas membuat saya tidak kuat untuk berdiri lama, sehingga metode belanja saya pun beralih dari mall atau supermarket ke marketplace. Saking seringnya berbelanja, sampai-sampai keanggotaan saya di sebuah markeplace menjadi member gold. :D

Internet juga membantu urusan saya yang lain. Misal, untuk membayar iuran BPJS, saya menggunakan mobile banking, dompet digital, ataupun melalui marketplace, yang kesemuanya itu terhubung dengan internet. Sejak terdaftar di BPJS, belum pernah sekalipun saya melakukan pembayaran BPJS dengan antri di loket. Lalu belum lama ini, saya memperpanjang SIM secara online melalui sebuah aplikasi, tanpa harus datang ke Satpas. Hal ini tentu saja menghemat tenaga dan juga waktu.

Lalu untuk hiburan, saya termasuk orang yang rajin membuka YouTube demi menikmati musik ataupun untuk nonton film (meskipun sering pula memakai aplikasi lain untuk untuk nonton film). Selain itu, saya termasuk rajin membuka Instagram. Bukan hanya sekedar untuk melihat update dari akun-akun gosip, Instagram seringkali saya gunakan sebagai media campaign terkait isu-isu disabilitas.

Jika ada waktu senggang dan ada ide, biasanya saya gunakan untuk menulis di blog. Selain untuk menulis ungkapan hati, dan untuk berbagi pengetahuan dengan orang lain, blog juga saya gunakan sebagai media campaign terkait isu disabilitas. Semua kegiatan ini tentulah memerlukan dukungan internet yang stabil.

Lalu untuk urusan pekerjaan, di mana saya bergabung dengan lembaga disabilitas yang bekerja untuk advokasi dan pemberdayaan penyandang disabilitas, internet pun telah memudahkan kami. Internetnya Indonesia telah mempermudah saya dan teman-teman di lembaga dalam berkomunikasi dengan mitra lembaga, dengan komunitas, dengan staf lain dan volunteer. Termasuk mempermudah saat harus memesan tiket perjalanan, saat harus tugas ke luar kota.

Manfaat internet menjadi lebih terasa bagi semua orang saat pandemi Covid, di mana semua kegiatan dibatasi. Akibatnya, semua kegiatan di lembaga kami yang tadinya biasa dilakukan secara offline berubah menjadi online. Rapat dengan funding maupun mitra pun menggunakan zoom. Koordinasi dengan sesama staf pun lebih banyak menggunakan chat, email, maupun video call dan zoom. Yah, pandemi telah merubah banyak hal, termasuk cara komunikasi. Kegiatan Seminar, FGD, training, dan workshop, dilakukan melalui zoom meeting. Dalam kegiatan zoom meeting, seringkali saya harus berperan sebagai host.

Workshop online via zoom

Instagram sebagai media campaign isu disabilitas

Semua hal yang saya lakukan baik terkait urusan pribadi, maupun urusan pekerjaan yang menggunakan internet, tidak mungkin berjalan lancar tanpa dukungan koneksi internet yang bagus, koneksi internet yang stabil. Untungnya saya menggunakan IndiHome (Indonesia Digital Home), provider internet dari Telkom Indonesia. Saya sendiri berlangganan IndiHome, Internetnya Indonesia, sejak beberapa tahun yang lalu.

Saya memilih IndiHome karena beberapa alasan. Pertama, karena koneksinya stabil. Kedua, karena sebelumnya memang telah menggunakan jaringan telepon dari Telkom Indonesia. Ketiga, karena faktor Customer Service-nya yang fast respon saat saat saya mengadukan keluhan. Oya, paket IndiHome dari Telkom Indonesia yang saya gunakan saat ini adalah paket 2P (Internet dan Telepon) dengan speed 30Mbps.

Jadi, bagi penyandang disabilitas seperti saya, Manfaat Internet tidak hanya terasa di masa pandemi, namun juga sangat terasa saat situasi normal tanpa pandemi. Hal ini karena internet adalah berarti kemudahan. Internet adalah lambang aktivitas tanpa batas. Internet adalah bentuk inklusivitas. Internet adalah life style.
Begitulah manfaat tak terbatas Internetnya Indonesia bagi penyandang disabilitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar